Pemahaman Visi Keilmuan Prodi PNF

Pemahaman Visi Keilmuan dan Tujuan Prodi Pendidikan Nonformal

Bengkulu, 11 Oktober 2020 — Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Nonformal (PSPNF) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu (Unib), di bawah koordinasi Unit Penjaminan Mutu (UPPS), terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui kegiatan monitoring dan evaluasi rutin. Salah satu aspek yang dievaluasi adalah pemahaman sivitas akademika terhadap visi keilmuan dan tujuan program studi.

Dalam rangka evaluasi tersebut, survei disebarkan kepada 13 dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan 85 mahasiswa. Survei ini dilakukan secara online melalui Google Form dan terdiri dari 15 item pertanyaan yang dapat diakses melalui tautan berikut: https://bit.ly/KuisionerPemahamanVMTSPSPNF.

Hasil survei menunjukkan tingkat pemahaman dosen, tendik, dan mahasiswa terhadap visi, tujuan, dan strategi program studi. Berikut adalah ringkasan hasil survei yang disajikan dalam bentuk diagram:

1. Pemahaman dosen terhadap visi keilmuan dan tujuan program studi

Semua dosen Program Studi Pendidikan Nonformal (PSPNF) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu (Unib) memiliki pemahaman mengenai visi keilmuan, tujuan, dan strategi program studi sebanyak 100%. Pemahaman dosen yang holistik dan mendalam mengenai visi keilmuan, tujuan, dan strategi PSPNF FKIP Unib menjadi fondasi penting dalam menunjang keberhasilan dan menjaga kualitas program studi.

Pemahaman ini tidak hanya sekedar pengetahuan, tetapi juga merupakan panduan yang strategis dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan akademik maupun non-akademik. Dengan pemahaman yang kuat, para dosen dapat menyelaraskan kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan visi dan tujuan program studi.

Pemahaman mendalam ini juga berfungsi sebagai kunci utama dalam memastikan bahwa program studi mampu mencapai standar keunggulan akademik yang telah ditetapkan. Lebih dari itu, pemahaman ini memungkinkan para dosen untuk berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang kajian pendidikan nonformal.

2. Pemahaman tenaga kependidikan terhadap visi keilmuan dan tujuan PSPNF FKIP Unib 


Tenaga Kependidikan Program Studi Pendidikan Nonformal (PSPNF) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu (Unib) memiliki pemahaman yang sangat baik mengenai visi keilmuan, tujuan, dan strategi program studi sebanyak 100%. Pemahaman yang mendalam dan komprehensif dari tenaga kependidikan ini memungkinkan mereka untuk memberikan pelayanan yang maksimal dalam berbagai aspek urusan akademis.

Dengan pemahaman yang kuat, tenaga kependidikan dapat menjalankan tugas administratif dengan efisiensi dan ketepatan, serta memberikan dukungan yang optimal kepada dosen dan mahasiswa. Selain itu, mereka juga berperan penting dalam melakukan sosialisasi yang efektif kepada masyarakat mengenai program studi, sehingga dapat meningkatkan citra dan reputasi PSPNF di mata publik.

Pemahaman yang baik dari tenaga kependidikan tidak hanya berdampak pada kualitas pelayanan akademis internal, tetapi juga memperkuat hubungan antara program studi dengan masyarakat luas. Melalui interaksi yang positif dan informatif, tenaga kependidikan dapat membantu menjembatani komunikasi antara program studi dan berbagai pihak eksternal, termasuk calon mahasiswa, orang tua, dan stakeholder lainnya.

Dengan demikian, pemahaman yang baik dari tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor kunci dalam mendukung keberhasilan dan pengembangan PSPNF FKIP Unib, serta memastikan bahwa program studi ini mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia pendidikan nonformal.

3. Pemahaman mahasiswa terhadapa visi keilmuan dan tujuan Program Studi 


Sebagian besar mahasiswa Program Studi Pendidikan Nonformal (PSPNF) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu (Unib) memiliki pemahaman yang sangat baik mengenai visi keilmuan, tujuan, dan strategi program studi. Sebanyak 93% mahasiswa menunjukkan pemahaman yang sangat baik, sementara 7% lainnya menunjukkan pemahaman yang baik. Hal ini mengindikasikan bahwa mahasiswa memiliki kesadaran yang tinggi terhadap arah dan tujuan program studi, yang dapat membantu mereka dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan akademik serta mengoptimalkan proses pembelajaran.

Dengan pemahaman yang baik ini, mahasiswa diharapkan dapat lebih mudah beradaptasi dengan berbagai kegiatan akademik dan non-akademik yang dirancang untuk mendukung pencapaian visi, misi, dan strategi PSPNF FKIP Unib. Pemahaman yang mendalam mengenai tujuan program studi juga dapat memberikan kerangka kerja yang jelas bagi mahasiswa dalam mengikuti kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler, sehingga mereka dapat mencapai hasil yang optimal dalam studi mereka.

Selain itu, pemahaman yang baik mengenai visi dan tujuan program studi akan membantu mahasiswa dalam mengambil keputusan yang tepat terkait dengan pilihan karir dan pengembangan diri di masa depan. Dengan mengetahui arah dan tujuan yang diinginkan oleh program studi, mahasiswa dapat merencanakan langkah-langkah strategis yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, serta mempersiapkan diri untuk berkontribusi secara signifikan di bidang pendidikan nonformal.

Kesadaran dan pemahaman yang tinggi ini diharapkan dapat menciptakan lulusan yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki visi yang jelas dan tujuan yang terarah, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang positif di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *