Learning Outcomes Program Studi S-1 Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Nonformal telah menyusun LO yang terdiri atas  aspek Knowledge and understanding, Skills, dan Autonomy and Responsibility.  LO Program Studi Pendidikan Nonformal ini memiliki keterkaitan terhadap capaian European Qualification Framework (EQF) pada level 6 dan Indonesia Qualification Framework (IQF) pada level 7.  Salah satu aspek skills mahasiswa Program Studi Pendidikan Nonformal adalah mampu melakukan pembinaan masyarakat dalam bentuk pendidikan non formal.

EQF

KKNI

Pendidikan Non Formal

Knowledge and understanding

Advanced knowledge of a field of work or study, involving a critical understanding of theories and principles

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

 

  1. Menguasai konsep dan prinsip pendidikan nonformal.
  2. Menguasai konsep pendidikan sepanjang hayat.
  3. Menguasai konsep pembelajaran orang dewasa.
  4. Menguasai konsep pembelajaran kesetaraan.
  5. Menguasai teknik pengelolaan (manajemen) lembaga pendidikan.
  6. Menguasi konsep pengembangan dan pembangunan masyarakat.
  7. Menguasai konsep dan teknik kewirausahaan.
  8. Menguasai konsep dan teknik evaluasi dan inovasi pendidikan.

Skills

Advanced skills, demonstrating mastery and innovation, required to solve complex and unpredictable problems in a specialised field of work or study

  1. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
  2. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

 

  1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, terukur dan bermutu dalam PNF.
  2. Mampu menerepkan pemikiran logis, sistematis dan kritis serta inovatif sebagai pengelola lembaga PNF.
  3. Mampu menerapkan IPTEK sesuai dengan kaidah, norma dan etika dalam PNF.
  4. Mampu melakukan penelitian dan pengembangan dalam PNF.
  5. Mampu mengelola lembaga PNF dengan baik.
  6. Mampu melaksanakan dan mengembangkan kegiatan kewirausahaan dimasyarakat.
  7. Mampu bekerjasama dalam lembaga PNF dan jaringan eksternal kelembagaan PNF.
  8. Paparkan Ketepatan struktur kurikulum dalam pembentukan capaian pembelajaran.
  9. Paparkan Ketersediaan dokumen pemetaan capaian pembelajaran, bahan kajian dan matakuliah (atau dokumen sejenis lainnya).

Autonomy and responsibility

  1. Manage complex technical or professional activities or projects, taking responsibility for decision‐making in unpredictable work or study contexts
  2. Take responsibility for managing professional development of individuals and groups

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

 

Bertanggung jawab dalam bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal dan informal atas pencapaian hasil kerja secara profes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *