Review Rapat Persiapan Akreditasi Program Studi Pendidikan Nonformal oleh Ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu
Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi proses akreditasi yang akan datang, Program Studi Pendidikan Nonformal, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, telah mengadakan rapat persiapan yang komprehensif. Rapat ini dihadiri oleh dosen, staf, dan pihak terkait lainnya, termasuk kehadiran penting dari Ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Wiwit, M.Si., Ph.D
Ketua UPM memberikan review dan umpan balik terhadap hasil rapat persiapan akreditasi yang telah dilaksanakan, menyoroti beberapa aspek kunci untuk diperhatikan dan ditingkatkan oleh Program Studi Pendidikan Nonformal. Beliau menekankan bahwa keberhasilan dalam akreditasi tidak hanya bergantung pada pemenuhan standar minimum, tetapi juga pada bagaimana program studi dapat menunjukkan keunggulannya dalam aspek-aspek tertentu.
Beberapa poin penting dari review Ketua UPM meliputi:
- Peningkatan Dokumentasi dan Data Pendukung: Beliau mengingatkan pentingnya dokumentasi yang lengkap dan sistematis, termasuk data pendukung yang akurat tentang capaian pembelajaran, kerja sama dengan pihak eksternal, serta aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
- Inovasi dalam Kurikulum: Ditekankan perlunya integrasi inovasi dalam kurikulum yang responsif terhadap perubahan kebutuhan industri dan tantangan masa depan, serta penerapan metode pembelajaran yang mengedepankan teknologi.
- Kualitas Dosen dan Pengajar: Ketua UPM menyatakan pentingnya terus meningkatkan kualitas dosen dan pengajar, baik dari segi akademik maupun pengalaman praktis, untuk memastikan penyampaian materi yang efektif dan relevan.
- Luaran dan Capaian Pembelajaran: Program studi diharapkan lebih fokus pada peningkatan luaran dan capaian pembelajaran yang konkret, termasuk keberhasilan alumni di pasar kerja dan kontribusi mereka terhadap masyarakat.
- Keterlibatan Mahasiswa: Ditekankan pula pentingnya meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan, termasuk penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kegiatan ekstrakurikuler, sebagai bagian dari pengembangan soft skills mereka.
Ketua UPM mengapresiasi komitmen dan upaya yang telah ditunjukkan oleh Program Studi Pendidikan Nonformal hingga saat ini. Beliau mengakhiri review dengan harapan agar semua pihak terkait dapat bekerja sama secara efektif untuk memastikan keberhasilan program studi dalam meraih akreditasi dengan predikat yang lebih baik.
“Keberhasilan akreditasi merupakan tanggung jawab kita bersama dan mencerminkan komitmen kita terhadap penyelenggaraan pendidikan berkualitas tinggi,” tutup Wiwit, M.Si., Ph.D