Program Studi Pendidikan Nonformal (PNF) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu menggelar rapat awal tahun pada 2 Januari 2025. Rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran semester sebelumnya, meningkatkan pelayanan akademik, serta mempersiapkan perkuliahan semester genap tahun akademik 2024/2025.
Rapat yang berlangsung di ruang rapat Prodi PNF ini dihadiri oleh seluruh dosen, tenaga kependidikan, serta perwakilan mahasiswa. Koordinator Program Studi PNF, Dr.Ari Putra, S.Pd., M.Pd., membuka rapat dengan menyampaikan refleksi terhadap capaian akademik dan operasional program studi selama tahun 2024. Evaluasi mencakup efektivitas metode pembelajaran, tingkat partisipasi mahasiswa, serta kendala yang dihadapi dalam proses perkuliahan.
Dalam evaluasi pembelajaran, berbagai masukan dari dosen dan mahasiswa dibahas guna meningkatkan kualitas pengajaran. Beberapa poin utama yang menjadi perhatian adalah optimalisasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran, peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan akademik dan non-akademik, serta penguatan sistem penilaian.
Selain itu, aspek pelayanan akademik juga menjadi agenda utama dalam rapat ini. Pihak program studi menekankan pentingnya peningkatan layanan akademik, seperti kemudahan akses informasi akademik, efisiensi proses administrasi perkuliahan, serta peningkatan fasilitas pendukung pembelajaran.
Terkait persiapan perkuliahan semester genap 2024/2025, dipaparkan rencana distribusi mata kuliah, alokasi dosen pengampu, serta strategi pembelajaran yang akan diterapkan. Program studi juga menekankan pentingnya pembelajaran berbasis proyek dan kolaborasi dengan dunia industri serta komunitas lainnya sebagai bagian dari penguatan kompetensi mahasiswa.
Di akhir rapat, disepakati beberapa langkah strategis untuk mengoptimalkan pelaksanaan perkuliahan mendatang. Koordinator Program Studi menegaskan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di PNF FKIP UNIB guna mencetak lulusan yang unggul dan berdaya saing. Rapat ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik dalam menyongsong tantangan akademik di tahun 2025, dengan semangat kolaborasi dan inovasi untuk kemajuan Program Studi Pendidikan Nonformal.
