Workshop Penggunaan Mendeley Tingkatkan Keterampilan Penulisan Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Nonformal FKIP UNIB

Bengkulu, 22 Agustus 2025 – Program Studi Pendidikan Nonformal, FKIP Universitas Bengkulu sukses menyelenggarakan Workshop Penggunaan Mendeley dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Jumat (22/8) bertempat di Wings Kiri Lab FKIP UNIB. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga 11.00 WIB dengan diikuti secara antusias oleh mahasiswa Pendidikan Nonformal.

Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Rio Kurniawan, S.Pd., M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FKIP UNIB. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya keterampilan mengelola referensi untuk meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah mahasiswa. Setelah membuka acara, beliau juga memberikan plakat penghargaan kepada pemateri sebagai bentuk apresiasi.

Workshop ini menghadirkan Dr. Ahmad Walid, M.Pd., Dosen Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu sekaligus Kepala Pusat Publikasi Ilmiah LPPM UIN FAS, sebagai pemateri. Dengan pengalaman luas dalam bidang publikasi ilmiah, beliau memaparkan secara detail tentang penggunaan aplikasi Mendeley Desktop/Reference Manager untuk mempermudah pengelolaan referensi, pembuatan sitasi otomatis, serta penyusunan daftar pustaka sesuai standar penulisan ilmiah.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk praktik langsung, di mana peserta diwajibkan membawa laptop yang telah terinstal Mendeley. Dalam sesi praktik, pemateri memberikan panduan langkah demi langkah mulai dari instalasi, pengaturan gaya sitasi, hingga teknik menyisipkan kutipan dan daftar pustaka secara otomatis di Microsoft Word.

Antusiasme peserta terlihat dari interaksi aktif selama sesi tanya jawab dan praktik. “Workshop ini sangat membantu kami dalam menyusun tugas dan karya ilmiah. Dengan Mendeley, pekerjaan menjadi lebih cepat dan rapi,” ujar salah satu peserta.

Selain mendapatkan ilmu praktis, seluruh peserta juga menerima e-sertifikat, materi pelatihan, dan pendampingan teknis. Workshop ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk menumbuhkan budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa Pendidikan Nonformal.

Dengan keberhasilan pelaksanaan workshop ini, Prodi Pendidikan Nonformal berkomitmen untuk terus menghadirkan pelatihan-pelatihan serupa guna mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa di bidang akademik